Trokdroid bebagi info, news, game, dan tutorial

2/3/16

Cara Mengatur Waktu Sleep Komputer/Laptop

Cara mengatur waktu untuk sleep pada windows - Tutorial kali ini akan membahas langkah-langkah untuk menentukan berapa lama waktu untuk sebuah PC akan sleep. Dengan memakai fitur sleep, maka layar dari laptop atau komputer tersebut akan mati dan akan menyala kembali pada saat kita menggerakan mouse atau menekan salah satu tombol tertentu. Sleep sendiri digunakan supaya pada waktu PC dalam keadaan hidup tapi tidak digunakan dalam beberapa waktu, maka layar akan mati dengan alasan supaya tidak memboroskan daya baterai atau alasan lainnya. tutorial ini sendiri sangat - sangatlah mudah, pasti sebagian besar pengguna PC sudah tahu akan hal ini. Tapi pasti ada sebagian kecil pengguna PC yang masih belum tahu cara ini. Maka dari itu saya membuat tutorial kali ini.


Tutorial :
1. Klik icon baterai di bagian toolbar
2. Klik "More power options" (muncul kotak baru)
3. Klik "Change plan setting" (karena saya centang di balanced, maka saya kliknya dibagian itu)
4. Klik di pilihan "Never" atau lainnya (mungkin waktu sudah disetting sebelumnya) dan akan muncul pilihan - pilihan waktu.
5. Klik Save changes

Cara Menngatur Waktu Sleep


Keterangan :
  • Kalau anda ingin mengatur untuk sleep, atur saja waktunya di pilihan "Put the computer to sleep".
  • Untuk bagian "On Battery" artinya setting yang kita buat hanya akan berfungsi ketika Laptop sedang digunakan atau dioperasikan dengan menggunakan daya baterai.
  • Untuk bagian "Plugged in"artinya setting yang kita buat berfungsi ketika laptop sedang digunakan atau dioperasikan dengan menggunakan daya listrik atau dicolok charger.
  • Untuk mengetes apakah cara ini bekerja atau tidak, silahkan kamu biarkan PC kamu tidak digunakan selama waktu yang kamu tentukan tadi.


Dengan menggunakan fitur sleep maka pada saat layar PC mati atau redup, system dari PC tersebut tidak mati dan masih menyimpan segala proses atau perintah instruksi sebelum PC tersebut tertidur atau sleep. Jadi ketika kita menggerakan mouse atau menekan tombol tertentu, maka PC akan terbagun kembali dan layarnya menyala. Disitu kita bisa melihat program dan lainnya yang ada saat sebelum PC tersebut dalam keadaan sleep dan kita bisa melanjutkan pekerjaan kita di PC tersebut. 
Perlu diingat juga, jangan membiarkan PC dalam keadaan sleep pada waktu yang lama apalagi semalam atau sehari karena sama saja dengan membiarkan PC tersebut selama semalam atau sehari. sebab seperti yang saya bilang tadi, PC tidak mati melainkan hanya tertidur dan komponen di dalam PC itu seperti memori dan lainnya masih tetap bekerja.


Ayo Kunjugi dan Baca Juga :


Demikan tutorial yang sangat singkat kali ini mengenai tutorial Cara Mengatur Waktu Sleep Komputer/Laptop dan semoga bermanfaat.
Terima Kasih banyak atas kunjugan anda, Ayo bantu share.

My Ping in TotalPing.com
Powered by Blogger.