Trokdroid bebagi info, news, game, dan tutorial

2/9/16

Keuntungan dan Kerugian Melakukan Root Android

Keuntungan dan Kerugian Melakukan Root Pada Android - Root android bertujuan untuk memberi hak penuh kepada pengguna android sehingga bisa masuk ke sisitem android yang memungkinkannya untuk bisa menambah, mengurangi dan merubah atau memodifikasi data – data yang ada dalam sistem android. Dengan melalukan root pada device android, tidak menjamin untuk bisa menaikkan kemampuan dan performa ponsel atau device android anda. Untuk melakukan root pada device anda, terdapat du acara yaitu dengan menggunakan bantuan PC atau bisa juga tanpa PC.

Keuntungan dan kerugian root android

Dengan melakukan root pada android atau biasa disebut dengan proses rooting, maka pastinya ada keuntungan dan kerugian dari proses tersebut. Berikut ini Keuntungan dan kerugian dari proses rooting pada android.

1. Keuntungan
Dengan melalukan rooting, pastinya ada keuntungan atau manfaatnya. Berikut beberapa keuntungan dari melakukan root pada android.

1. Memungkinkan anda untuk menginstall aplikasi yang wajib adanya akses root, Seperti :
- Titanium Backup : Aplikasi ini berfungsi untuk membackup semua data – data seperti data pengaturan dan lain- lain. Juga bisa membackup aplikasi yang terinstall. Dengan melakukan backup bertujuan supaya jika sewaktu – waktu device anda rusak dan data – data didalamnya hilang maka bisa dikembalikan lagi karena sebelumnya sudah dibackup.
- App2Card : Dengan menggunakan aplikasi ini dapat memungkinkan anda bisa memindahkan data atau aplikasi ke dalam kartu memori atau SD card. Bertujuan untuk membuat memori penyimpanan anda tetap legah supaya kinerja device anda tetap kencang dan stabil dan juga supaya anda bisa menginstall banyak aplikasi ke dalam device anda.
- Dan lain-lain.

2. Bisa menginstall custom ROM
Costum ROM merupakan sistem operasi Android kostum atau bisa disebut alternatif yang bukan buatan vendor device anda. Jadi misalnya anda memiliki device android merek Samsung dan ketika anda menginstall custom ROM Sony Xperia, maka tampilan device anda yang semula menampilkan tampilan default dari Samsung akan berubah menjadi tampilan Sony Xperia.

3. Bisa uninstall aplikasi bawaan pabrik
Dengan melakukan root pada android, anda bisa menghapus atau uninstall aplikasi – aplikasi bawaan dari pabrik yang menurut anda tidak berguna yang hanya memenuhi memori telepon. Dan yang harus anda perhatikan adalah kehati – hatian dalam menginstall aplikasi dari pabrik karena jika anda salah menghapus aplikasi yang ternyata penting dapat menyebabkan kinerja device anda menjadi tidak normal bahkan bisa rusak dan menyebabkan bootloop. Sebaiknya tidak usah dilakukan.

4. Dapat mengatur pengaturan android untuk memaksimalkan kinerja
Anda bisa memaksimalkan kinerja dari device anda ketika device tersebut sudah diroot. Sebagai contoh, anda bisa melalukan pengaturan overclock processor yang bertujuan untuk memaksa kinerja prosesor sehingga bekerja lebih cepat dari kecepatan aslinya yang dapat membuat device anda menjadi lebih cepat kinerjanya.



2. Kerugian
Dari beberpa keuntungan tadi, pasti ada saja kerugian yang didapat dari melakukan root pada android. Apa saja kerugiannya ?

1. Garansi Hilang
Jika diilustrasikan, maka root diibaratkan sebagai segel garansi. Dan Analoginya seperti ini, jika anda membeli komputer buatan suatu pabrik pasti dilengkapi degan segel atau stiker garansi. Segel tersebut akan rusak jika kita membuka casing komputer tersebut. Jika kita mau membuat kemampuan komputer menjadi lebih baik, contohnya dengan mengganti kartu VGA dengan yang lebih bagus atau mengganti RAM dengan yang kapasitasnya lebih besar, otomatis akan merusak segel garansi. Dan apakah membuka casing akan menyebabkan komputer rusak ? tentu tidak.
Tapi, apabila terjadi kerusakan apakah akan menghanguskan garansi ? pasti, karena pihak service center melihat segel garansi rusak yang membuat pernyataan bahwa komputer rusak karena dibongkar, padahal rusaknya disebebkan oleh faktor lain.
Sama seperti jika melakukan root, jika device anda mengalami kerusakan dan anda membawa ke service center maka klaim garansi akan ditolak dan dinyatakan bahwa device tersebut rusak karena proses root, padahal penyebab rusaknya sebenarnya bukan karena proses root.
Tap ada jalan keluarnya, anda tidak perlu khawatir karena berbeda dengan segel garansi, rooting dapat dikembalikan atau device bisa dikembalikan ke kondisi awal seperti sebelum di root. Proses ini disebut Unroot, jika melakukan Unroot maka secara otomatis device anda menjadi seperti belum di root dan garansi bisa berlaku.

2. Masalah Keamanan
Untuk masalah keamanan dari suatu device jika telah melakukan rooting masih menjadi perdebatan. Karena biasanya dikatakan kalau dengan melakukan root maka aplikasi – aplikasi malware dan virus atau Trojan bisa dengan mudah masuk atau membobol sistem keamanan device android sehingg bisa masuk ke file sistem dan melakukan pencurian atau pengrusakan data – data pengguna.
Tapi namun demikian, sebenarnya biarpun android tidak di root, virus pun bisa masuk ke sistem device android jika tidak dilengkapi degan antivirus atau tinggat keamanan dari device itu lemah.
Device yang dalam keadaan root pun bisa tetap aman, jika dilengkapi dengan antivirus atau aplikasi keamanan lainnya. Intinya, tingkat keamanan dari sebuah device yang menjadi fkctor penyebab dari masuknya virus dan lainya ke device. Jadi kalau keamanan device kuat, maka device pun pasti aman.



Kesimpulan
Dengan melihat keuntungan dan juga kerugian dari melakukan root pada android tadi, bisa disimpulan kalau proses root pada android berguna untuk memberi akses masuk ke sistem android yang memungkinkan anda dapat memodifikasi sistem android device anda. Namun jika akses dan kontrol sistem android disalah gunakan atau tidak digunakan dengan hati – hati maka dapat menyebabkan kerusakan sistem dan device anda bisa bootloop atau black sreen.
Dari beberapa keuntungan dari rooting, ada juga kerugian yang terjadi. Tapi sebenarnya kerugian tersebut bisa diantisipasi atau dihindari. Contohnya terhadap kerugian garansi akan hilang bisa diantisipasi dengan menjaga device kita dari kerusakan fisik supaya tidak rusak selama masa garansi. Jika rusak setelah masa garansi, kan sama saja dengan tidak adanya garansi. Juga terhadap masalah keamanan, kita bisa mengantisipasinya dengan memasang aplikasi keamanan seperti antivirus dan aplikasi lainnya.

Mungkin anda berpikir kenapa device android anda tidak diberikan akses root sejak awal ?
Alasannya karena bertujuan untuk melindungi sistem operasi Android secara menyeluruh. Apabila pengguna secara tak sengaja ataupun secara sengaja memodifikasi atau menghilangkan file sistem, dapat menyebabkan kinerja device anda menjadi tidak stabil, rusak bahkan bisa bootloop. Oleh sebab itu pengembang Android membatasi akses untuk masuk ke file sistem.

Jadi semua tergantung anda, mau atau tidak melakukan root pada device android anda. Jika anda mau melakukan rooting, silahkan ke postingan berikut : Cara Root Android Tanpa PC


Terima kasih atas kunjungan anda pada postingan saya kali ini tentang Keuntungan dan Kerugian Melakukan Root Android semoga bermanfaat.

My Ping in TotalPing.com
Powered by Blogger.