Trokdroid bebagi info, news, game, dan tutorial

1/30/16

Cara Meringkas Yang Benar

Mengenal Dan Mengetahui Cara Meringkas Cara Meringkas Yang Benar - Meringkas merupakan sebuah kegiatan yang memerlukan suatu kemampuan untuk bisa membuat sebauh teks atau tulisan atau informasi dalam bentuk apapun yang tadinya panjang menjadi lebih pendek atau ringkas dan pastinya ide atau gagasan dari penulis yang ada terdapat dalam teks tersebut tetap ditampilkan atau disajikan. Untuk kamu yang ingin mengetahui apa itu arti dari meringkas dan tujuan dari meringkas itu apa dan juga begaimana cara atau teknik meringkas dengan benar dan tepat ? Lewat artikel ini, saya akan menjelaskan beberpa poin tadi.

Cara Meringkas Yang Benar


1. Pengertian Meringkas
Ringkasan atau Precis merupakan sebuah cara yang efektif untuk menyajikan dan mempersingkat suatu karangan yang panjang dalam bentuk yang pendek yang bersifat ringkas. Ringkasan merupakan suatu kegiatan untuk membuat sebuah karya tulis atau teks yang panjang untuk menjadi lebih ringkas dan singkat. Dan Meringkas Juga bisa diartikan untuk memangkas atau membuang kutipan dan kalimat - kalimat penjelas dan hanya menyisakan gagasan-gagasan utamanya. Walaupun bentuknya ringkas dan singkat tapi tetap mempertahankan dan menyajikan pikiran asli dari pengarangnya.
Bagi yang mengira kalau ringkasan dan ikhtisar itu sama, maka anggapan itu salah. Ringkasan itu berbeda dengan ikhtisar yang terletak dalam suatu pola atau urutan dan cara untuk menyampaikannya. Pada ikhtisar, kronologis dari teks asli tak perlu untuk dipertahankan. Penulis bisa memilah dan mengubah semua bentuk teks menjadi sebuah tulisan ringkas yang baru, tapi tetap saja mempertahankan gagasan utama dari teks aslinya. Penulis bisa menggunakan bahasanya sendiri asal tak memasukkan pikiran atau opininya secara pribadi dalam teks tersebut.


2, Tujuan Membuat Ringkasan
Dalam membuat ringkasan atau meringkas pasti anda tujuannya. Dan tujuannya itu adalah supaya kita bisa dan mampu memahami atau mengerti dan mengetahui apa isi dari sebuah tulisan atau buku dan media lainnya. Dengan membuat sebuah ringkasan, maka kita bisa mempelajari cara seseorang yang menyusun pikirannya dalam gagasan - gagasan yang diatur dari gagasan yang besar ke gagasan penunjang.


3. Langkah – Langkah Membuat Ringkasan
Bagaimanakah cara meringkas yang benar ? simak cara berikut ini :

- Membaca naskah / tulisan teks asli secara berulang-ulang.
Dengan membaca tulisan atau teks asli yang akan anda ringkas secara berkali-kali , dapat membantu dan membuat anda bisa paham atau mengerti apa sebenarnya isi atau makna dan apa gagasan utama dari penulis teks tersebut.
- Mencatat apa gagasan utama dari penulis
Setelah anda paham dan mengetahui ide atau gagasan utama dari penulis, maka langkah atau tahap berikutnya anda harus menulis atau mencatat ide atau gagasan utama tersebut supaya nantinya dalam menyusun sebuah ringkasan, bisa membuat anda menjadi lebih gampang karena sudah mempunyai suatu gambaran atau patokan.
- Membuang paragraph yang berisi contoh deskirpsi atau kutipan.
Dalam meringkas, di berapa tulisan / teks ada saja praragraf yang berisi sebuah deskripsi atau kutipan dari sumber yang lain. Maka anda bisa membuang atau tidak meringkas bagian itu karena tidak terlalu penting untuk disajikan dalam sebuah ringkasan. Dan ebaiknya hanya mengambil gagasan pokoknya saja.
- Membuang berbagai keterangan tambahan yang tak penting.
Sama seperti step sebelumnya, anda bisa membuang atau tidak menulis dalam dalam ringkasan anda terhadap bagian keterangan tambahan yang anda rasa kurang atau tidak penting. Karena suatu keterangan tambahan itu intinya sudah dijelaskan sebelumnya dalam teks itu dan kita mengambil saja inti atau gagasan utamanya saja untuk diringkas.
- Mengubah suatu dialog langsung ke dalam bentuk yang tidak langsung.
Dalam meringkas, kita juga bisa mendapati suatu dialog yang langsung. Ya, entah dialognya berupa suara atau dalam bentuk tulisan. Anda harus bisa merubahnya menjadi suatu dialog yang tidak langsung. Atau dengan kata lain anda menceritakan dialog itu dalam bentuk tulisan.
- Usahakan untuk bisa menggunakan kalimat tunggal.
Untuk menyusun atau membuat suatu ringkasan, anda juga harus mampu dan mengusahakan supaya dalam meringkas suatu teks atau tulisan, untuk supaya anda menggunakan kalimat tunggal.
- Menyusun ringkasan dengan mempertahankan susunan dari gagasan penulis.
Dalam teks atau tulisan yang akan diringkas, pasti mempunyai gagasan dan susunan dari penulisnya. Yang perlu diperhatikan, anda harus mempertahankan susunan dan gagasan dari penulis itu supaya ringkasan yang anda buat tetap menampilkan atau menyajikan makna atau maksud yang sebenarnya dari penulisnya.

Beberpa hal yang harus diperhatikan dalam meringkas adalah sebagai berikut :
  • Jika yang anda ringkas adalah suatu kalimat, maka hasil ringkasannya berupa kata atau frasa.
  • Jika yang anda ringkas adalah suatu paragraf, maka hasil ringkasannya berupa kalimat.
  • Jika yang anda ringkas adalah beberpa paragraf, maka hasil ringkasannya berupa beberapa kalimat.
  • Jika yang anda ringkas adalah suatu wacana, maka hasil ringkasannya berupa beberapa paragraf.
  • Jika yang anda ringkas adalah sebuah buku, maka hasil ringkasannya berupa wacana.


Meringkas merupakan kegiatan yang sering dilakukan ketika mengerjakan tugas sekolah, karena beberapa mata pelajaran tertentu yang sering menugaskan untuk membuat suatu ringkasan dari sebuah teks / tulisan atau media lainnya. Bukan hanya disekolah, pekerjaan kantoran juga sering dihadapkan dengan meringkas untuk membuat laporan, agenda, dan tugas lainnya. Dan juga tidak ketinggalan, yaitu pekerjaan seorang wartawan atau editor media cetak atau elektronik yang harus bisa meringkas suatu informasi atau data dari apa yang mereka dapat di lapangan untuk disajikan secara padat, bermakna dan ringkas kepada publik.


Demikian telah saya jelaskan tentang Cara Meringkas Yang Benar Semoga  bisa bermanfaat.
Terima Kasih.

My Ping in TotalPing.com
Powered by Blogger.