Trokdroid bebagi info, news, game, dan tutorial

1/28/16

Sumber Peluang Usaha dan Cara Mengembangkannya

Sumber Peluang Usaha dan Cara Mengembangkannya Serta Contohnya - Dalam menjalankan usaha maka kita harus pintar melihat peluang yang bisa dijadikan sebagai peluang emas. Peluang tersebut bisa berasal dari suatu ide, inspirasi, atau kesempatan yang muncul yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan seseorang baik dalam kehidupan keseharian atau dalam usaha. peluang atau kesempatan dapat berasal dari berbagai macam hal yaitu sebagai berikut.

Sumber Peluang Usaha dan Cara Mengembangkannya


1. Peluang dari diri sendiri
Peluang atau kesempatan yang sangat potensial dan sangat besar rasio kesuksesannya adalah peluang yang asalnya dari dalam diri sendiri.
Kenapa ? Alasannya adalah sebagai berikut.
  • Usaha itu membutuhkan suatu proses yang panjang dan bahkan bisa sampai seumur hidup untuk membuat anda mendapat kebahagiaan dan kesuksesan.
  • Usaha juga membutuhkan suatu komitmen dan konsistensi yang tinggi supaya kunci kesuksesannya adalah anda harus mencintai usaha atau perkerjaan tersebut.
  • Kesuksesan usaha merupakan gabungan dari kesuksesan menaklukan kegagalan demi kegagalan sampai semuanya bisa terwujud. Untuk itu, apabila anda bisa mengerjakan, ahli, terampil dan memiliki pengetahuan yang cukup maka ada akan cepat mencapai kesuksesan. Usaha itu yang penting bersumber dari apa yang anda punya bukan yang orang lain miliki.
Peluang yang berasal dari diri anda, diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Hobi
Hobi bisa menjadi awa mula kesuksesan seorang dalam berwirausaha, bakan usahanya dapat berkembang dan tumbuh dengan pesat.
Contoh :
Bill Gates, dengan hobinya mengotak-atik komputer, dan beranggapan bahwa mesin main frame yang diciptakan oleh IBM itu terlalu besar. Kemudian dia berpikir dan mendapat suatu inspirasi.
  • Banyak orang yang kesulitan untuk menggunakan mesin komputer yang berukuran besar, sebagian besar orang ingin menggunakan komputer yang kecil, praktis, juga yang canggih
  • Tidak sempurnamya sistem operasi yang ada pada komputer telah menginspirasinya untuk menciptakan atau membuat DOS (Disk Operating System) dan kemudian berkembang menjadi Windows.
b. Keahlian
Keahlian yang dimiliki seseorang bisa menjadi modal untuk mengembangkan dan memajukan usaha yang sesuai dengan bidang keahlian.
contoh :
  • Pendiri dan pembuat mesin pencari atau search engine Google, yaitu Larry Page dan Sergey Brin yang ahli dalam bidang matematika berasal dari Stanford University, yang menemukan peluang usaha dari sebuah masalah dan kesulitan yang mereka hadapi.

c. Pengetahuan dan latar belakang pendidikan
Pengetahuan dan latar belakang pendidikan adalah salah satu hal yang paling potensial untuk mendapatkan peluang emas karena anda sudah mengetahui, mempelajari dan memahami bidang yang anda tekuni.
Contoh :
  • Seorang lulusan SMK jurusan teknik mesin terus mendalami bisang perbaikan motor dan mobil, akhirnya dapat memahami kalau usaha iru bersumber dari banyaknya keluhan dan kesulitan yang dihadapi pemilik motor atau mobil. Dan sebab itu, akhirnya dia fokus pada bidang tersebut, Misalnya membuat jasa AC mobil, aksesoris, perbaikan mesin, modifikasi, dan lain-lain.  
  • Seorang lulusan SMK jurusan tata boga, menemukan suatu peluang usaha dengan berkreasi membuat makanan dan minuman yang belum pernah ada (teori ketidaksempurnaan dan berpikir berbeda) untuk ditawarkan dan dicoba oleh teman-temannya (riset dan trial) sehingga dia bisa tahu jenis makanan dan minuman yang disukai oleh banyak orang.


2. Peluang dari Lingkungan
Banyak sekali peluang dan inspirasi yang muncul dari lingkungan, antara lain sebagai berikut.
  • Usaha atau bisnis orang tua. Dalam diskusi setiap harinya, orang tua anda sering menceritakan kesulitan-kesulitan bisnisnya. Hal itu dapat mendatangkan inspirasi bila anda dapat hubungkan dengan latar belakang pendidikan, hobi, pengetahuan, dan keahlian yang anda miliki.
  • Kebiasaan ketika berangkat dan pulang sekolah, baik dalam perjalanan atau di lingkungan sekolah dan juga teman sekolah.
  • Lingkungan rumah, seperti tetangga, teman sekolah dan teman main.
  • Saat berkunjung ke berbagai tempat.


3. Peluang dari perubahan yang terjadi
Peluang terbesar yang sering muncul menjadi suatu bisnis adalah peluang yang berasal dari perubahan pada lingkungan, yaitu sebagai berikut.
  • Perubahan global. Seperti terjadinya perubahan kurs mata uang Rupiah terhadap mata uang Dollar Amerika yang menyebabkan banyak produk impor mengalami kenaikan harga dan produk lokal mengalami penurunan harga. Hal ini jika disikapi secara positif justru dapat menimbulkan peluang bagi produk produk lokal yang harganya lebih murah dari produk impor.
  • Perubahan lingkungan. misalnya, terjadi pembangunan perumahan baru di sekitar kompleks tempat tinggal anda berarti terjadi perubahan jumlah penduduk yang mengakibatkan perubahan tingkat permintaan kebutuhan setiap keluarga. Munculnya peluang untuk mendirikan usaha baru guna memenuhi permintaan tersebut seperti bisnis bengkel, servis komputer dan sebagainya.
  • Perubahan peraturan pemerintah akan menimbulkan ancaman bagi industri yang terkena dampaknya, namun justru menimbulkan peluang bago yang mampu membaca situasi dan menambahkan manfaatnya.
  • Perubahan musim
  • Perubahan gaya hidup
  • Perubahan tingkat kebutuhan tentang kesehatan, gaya hidup, dan pola makan masyakarat pada umumnya.
  • Perubahan teknologi informasi dan komunikasi seperti kemajuan teknologi handphone dan internet sehingga memunculkan sistem penjualan online (toko online).
  • Perubahan jumlah laju pertumbuhan kendaraan yang akan memunculkan peluang penjualan suku cadang, asuransi, aksesoris, dan bengkel.


4. Peluang dari konsumen 
Suara konsumen sangat diperlukan untuk dapat menciptakan atau membuat gagasan baru dengan tujuan memperbaiki kualitas produk dan menciptakan suatu peluang bagi yang akan mendirikan usaha. suara-suara konsumen yang mampu menciptakan peluang baru diantaranya :
  • Keluhan-keluhan konsumen
  • Saran saran dari konsumen
  • Angan-angan yang diimpikan konsumen tentang produk atau jasa tertentu
  • Harapan dari konsumen terhadap produk atau jasa anda.
  • Permintaan khusus konsumen dan calon konsumen


5. Peluang dari gagasan orang lain 
Gagasan dari orang lain yang bersifat orisinil akan memunculkan sebuah peluang usaha yang baru pula.
contoh :
  • Teman anda mempunyai ide agar sampah di sekolah dipisahkan menjadi sampah organik dan non-organik. ide ini dapat dijadikan peluang bagi anda untuk mendaur ulang sampah organik tersebut menjadi sesuatu yang berguna.


6. Peluang dari informasi yang diperoleh
Informasi yang diperoleh bisa menjadi peluang apabila anda bisa menghubungkan antara pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki untuk bisa mewujudkannya. Tapi, informasi juga bisa tidak bermanfaat kalau anda tidak mempunyai kemampuan untuk menggabungkan antara pengetahuan dan pengalaman yang anda miliki. Inilah yang membedakan antara orang yang memiliki peluang dengan orang yang tidak memiliki peluang. Peluang bisa muncul dari informasi yang diperoleh antara lain :
  • Anda memperoleh informasi tentang produk yang baru dan sedang tren dan tahu cara membelinya. sementara, di tempat atau kota lain belum menyediakan atau belum tersedianya produk tersebut tetapi iklannya telah diketahui oleh masyarakat disana. Berarti sebuah peluang karena kemampuan konektivitas, yaitu dapat menghubungkan antara pasar yang masih kosong dengan kebutuhan produk yang sedang tren.
  • Peluang karena adanya selisih harga karena Informasi tentang kebutuhan produk yang harganya lebih mahal di tempat lain untuk produk yang sama.
  • Informasi tentang kebutuhan sebuah produk tertentu dan anda tahu di mana tempat untuk bisa memperoleh produk tersebut.
 Itulah 6 macam Sumber Peluang Usaha yang dapat membantu kita yang akan memulai sebuah usaha untuk dapat mencari dan mendapatkan peluang emas untuk menjalankan usahanya.



Demikian postingan kali ini tentang Sumber Peluang Usaha dan Cara Mengembangkannya semoga bermanfaat.

My Ping in TotalPing.com
Powered by Blogger.