Trokdroid bebagi info, news, game, dan tutorial

1/26/16

Tips Menggunakan Komputer Dengan Posisi Yang Benar

Posisi Yang Benar Saat Menggunakan Komputer – Komputer sudah menjadi kebutuhan pada masa sekarang terlebih khusus bagi kantor atau perusahaan yang menjadikan komputer sebagai alat yang sangat berguna untuk menunjang pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan. Tentunya pada saat menggunakan komputer, setiap orang beda-beda cara atau posisinya. Pada saat ini saya akan memberikan informasi tentang posisi yang benar pada saat menggunakan komputer yang dapat mencegah beberapa masalah bahkan penyakit yang disebabkan karena salahnya posisi ketika menggunakan komputer.

Posisi Yang Benar Saat Menggunakan Komputer

 1. Pandangan Mata
Pandangan mata yang salah saat menatap layar monitor dapat membuat mata terasa perih atau sakit dan bahkan bisa merusak mata dan menyebabkan pandangan menjadi buram yang tentunya mengganggu aktivitas kita. Untuk menghindari hal tersebut disarankan agar layar monitor diberi layar anti silau atau kita memakai kacamata berwarna untuk meminimalkan radiasi dari layar ke mata. dan pastikan saat anda menatap layar, posisi mata anda berada di atas layar dan usahakan sejajar dengan bagian atas monitor

2. Posisi Tubuh
Karena posisi duduk yang salah atau kurang tepat dapat berdampak pada kenyamanan kita saat menggunakan komputer, yak arena rasa pegal yang dirasakan. Supaya dapat merasa nyaman maka disarankan :
  • Carilah kursi yang dapat menyanggah punggung dan usahakan kaki menjangkau atau menyentuh lantai.
    Siku dan lutut harus membentuk sudut 90 derajat dan posisi duduk tegak.
  • Keyboard harus sama tinggi dengan siku supaya gerakan lengan dan jari dapat mengurangi ketegangan otot dan persendian.
  • Paha dalam posisi horizontal dan punggung bagian bawah atau pinggang terdukung. Bila kursi kurang dapat diatur, bagian bawah punggung dapat diberi bantal atau lainnya.
  • Telapak kaki harus menumpu atau menyentuh lantai secara rata ketika menggunakan komputer.
  • Terkadang ubahlah posisi duduk, karena duduk dalam posisi sama atau tidak bergerak dalam waktu yang lama dapat mempercepat rasa tidak nyaman.

3. Posisi Pergelangan Tangan, Jari, dan Lengan
Ketika mengetik pastikan kalau letak pergelangan tangan, jari tangan, dan lengan dalam keadaan yang santai dan rilex, tidak tegang dan melengkung untuk menghindari penyakit Repetitive Strain Injury (RSI) atau penyakit radang sendi yang disebabkan apabila seseorang bekerja menggunakan mouse dan keyboard dalam posisi yang kurang tepat.

4. Beristirahat
Ketika anda menggukan komputer dalam waktu yang lama maka anda harus sesekali beristirhat. Istirahatlah selama 10 menit setelah menggunakan komputer selama 1 jam supaya mata dan organ tubuh yang lain beristrirahat supaya badan tetap rilex. Disarankan untuk memandang pohon-pohon atau atau sesuatu yang berwarna hijau cerah yang bisa membuat mata anda tetap segar.

Baca Juga Cara Memperbesar Suara PC Tanpa Software

Itu merupakan 4 tips yang paling penting dan perlu diperhatikan untuk mencegah gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan dari posisi penggunaan komputer yang salah.
Oke demikian postingan kali ini tentang Tips Menggunakan Komputer Dengan Posisi Yang Benar semoga bermanfaat.

My Ping in TotalPing.com
Powered by Blogger.